Tuesday, June 16, 2015

Smartfren Andromax Q dengan Dukungan 4G


Harga murah bukan kiat semata wayang vendor lokal di Indonesia agar smartphoneentry level-nya dilirik oleh konsumen. Ini sudah dibuktikan oleh Evercoss, Mito, dan Nexian saat merilis smartphone Android One terjangkau (Evercoss One X, Mito Impact, Nexian Journey) yang mengandalkan sistem optimal yang didukung penuh oleh Google.
Dukungan penuh Google (update, bug fix, dan lainnya) penting artinya mengingat smartphone terjangkau biasanya datang dengan spesifikasi hardware yang minimalis/terbatas. Sistem yang optimal menjadi harga mutlak agar smartphone tersebut bisa memberikan experience yang layak bagi si pengguna.
Operator Smartfren yang populer dengan smartphone terjangkaunya dari seri Andromax juga tidak mau ketinggalan dengan strateginya sendiri. Selain merilis lini smartphone Andromax terbaru yang mendukung 4G LTE, satu seri dari kelima seri terbarunya (Andromax R, Q, Qi, Ec dan Es), yaitu Andromax Q kini datang dengan sistem operasi Cyanogen OS 12 terbaru yang berbasiskan Android Lollipop.
Yang sedikit menjadi pertanyaan, Smartfren justru tidak atau belum menyematkan Cyanogen OS 12 pada seri terbaiknya, Andromax R (harga Rp 1.599.000) dengan layar terbesar (5 inci, 720p, Dragontrail Glass technology). Smartfren justru lebih memilih Andromax Q dengan layar lebih kecil (4.5 inci) sebagai seri pertama mereka dengan Cyanogen OS 12.
Belum diketahui alasan pasti kenapa Andromax Q seharga Rp 1,299 juta ini yang dipilih Smartfen untuk dipasang dengan Cyanogen OS 12. Padahal spesifikasi teknis kelima seri Andromax tersebut tidak jauh berbeda.
Kelima seri Andromax 4G LTE ini telah dilengkapi dengan SoC Qualcomm Snapdragon 410, RAM 1 GB, dan internal storage 8 GB (bisa diperluas via microSD hingga 32 GB).
Berbeda dengan operator lainnya di Indonesia, Smartfren akan mengadopsi dua standar teknologi 4G LTE sekaligus. Standar pertama, yakni FDD (Frequency Division Duplex) di frekuensi 850 MHz (band 5) dan standar kedua, TDD (Time Division Duplex) di frekuensi 2.300 MHz (band 40).
Seperti apa implemetasi jaringan 4G LTE pada semua smartphone Andromax 4G tersebut masih perlu ditunggu saat layan tersebut digulirkan secara resmi pada semester kedua tahun ini.
Menurut Sukaca Purwokardjono, Head of Devices Smartfren, tidak tertutup kemungkinan akan ada seri Andromax lainnya di masa mendatang yang juga dibekali dengan mobile OS yang sarat opsi customization dan tweak tersebut.
Beberapa feature unggulan yang ditawarkan Cyanogen OS antara lain, privacy guard untuk keamanan data, Find & Wipe device, PIN scramble password, proteksi aplikasi, dan aplikasi ekstra Audio FX.
Seperti juga Android One yang didukung penuh Google, menurut Vikram Natarajan, SVP of Global Partnership & Distribution Cyanogen, smartphone Andromax Q yang bakal dibuat di pabrik Cikarang, Jawa Barat (bekerjasa dengan Haier Telecom) juga akan di-update secara rutin via jalur OTA (over-the-air).
Spesifikasi Smartfren Andromax Q
Platform            Cyanogen OS 12 berbasis Android 5.0 Lollipop
Layar                 4.5 Inci (FWVGA, 854 x 480 pixel)
CPU                   Snapdragon 410 Quad Core 1.2 GHz
GPU                   Adreno 306
Memori/RAM    8 GB + microSD hingga 32 GB
Kamera             Belakang 5 MP dengan LED Flash, depan 2 MP
Connectivity     CDMA/LTE, Wi-Fi b/g/n, Bluetooth, Stereo FM, microUSB v2.0, A-GPS
Konektor/Slot   Micro USB, Dual SIM (LTE+GSM)
Audio                 AudioFX
Baterai               2000 mAh

dikutip dari
http://chip.co.id


No comments:

  © Blogger template Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP