Monday, March 2, 2020

Cara Gunakan Masker yang Benar, Versi WHO.


Untuk Antisipasi virus corona dan penyakit lainnya, Wakil Direktur Pusat Kolaborasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Seto Wing Hong, menjelaskan cara menggunakan masker yang tepat menurut WHO, sebagai antisipasi dari merebaknya kasus virus corona di dunia.

video Wing Hong ketika menjelaskan cara penggunaan masker yang tepat. 

“Ini berfungsi, kami sudah menyelesaikan banyak penelitian, percaya pada saya, ini berfungsi,” kata Wing Hong dalam video tersebut.


1. Kenalilah bagian-bagian masker dengan tepat

Wing Hong menjelaskan bahwa hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih masker pelindung yang tepat.

Dia menjelaskan bagian-bagian masker yang perlu dimengerti terlebih dahulu, yakni bagian yang menyerap air dan anti-air (waterproof).

“Kamu lihat, ada warna biru di bagian luarnya, karena ini anti-air, dan ketika ada warna putih di bagian dalam yang merupakan penyerap, jadi ketika saya batuk dia akan menyerapnya,”


2. Gunakan dengan cara yang benar

Pengguna masker harus menggunakan bagian yang antiair di luar, dan yang tidak menyerap air di bagian luar dan yang menyerap air di bagian dalam.

“Kamu akan melihat orang menggunakannya seperti ini, itu sangat salah (terbalik),” ujar Wing Hong.

Dia juga menjelaskan bagian batang masker yang ada di atas. Bagian itu harus digunakan dengan benar, yakni digunakan di bagian hidung dan ditekan, dan menurunkan bagian bawahnya hingga ke bawah dagu.

“Sangat penting karena kamu tidak ingin masker itu jatuh seperti ini,” kata dia mencontohkan.


3. Pasang mindset bahwa masker adalah benda kotor, jadi cucilah tangan setelah melepasnya

Wing Hong juga mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan masker dengan salah, seperti meletakkannya di bawah hidung atau di bawah dagu layaknya dokter yang biasa kita lihat.

"Karena ketika kamu mengenakan masker, kamu harus menganggapnya kotor, dan ketika kamu melepasnya, jangan kamu sentuh," kata dia.

Pastikan untuk mencuci tangan setelah menyentuh masker, karena masker yang sudah digunakan adalah benda yang kotor


dikutip dari kaltim.idntimes.com
Versi WHO, Begini Cara Gunakan Masker yang Benar by Mela Hapsari
https://kaltim.idntimes.com/health/fitness/lia-hutasoit-1/antisipasi-virus-corona-ini-cara-gunakan-masker-yang-benar-versi-who-regional-kaltim/full

No comments:

  © Blogger template Inspiration by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP